Circle Labs Blog

Mengenal Perbedaan HTTP dan HTPPS

Pernahkah ketika berselancar di dunia maya anda mendapati sesuatu yang berbeda pada address bar di browser? Kadang alamat situs yang anda akses di address bar  diawali dengan https:// atau dengan tag “secure”.  Apa itu HTTPS? Lalu apa bedanya HTTP dengan HTTPS?

HTTP (HyperText Transfer Protocol) merupakan protokol untuk berkomunikasi atau saling transfer informasi antara client dengan server. Alamat situs yang diminta klien dikirim dengan menggunakan protokol HTTP.  Begitu pula server akan mengirimkan data yang diminta klien dengan menggunakan protokol yang sama (HTTP).  Server akan mengolah permintaan tersebut berdasarkan kode protokol. Secara sederhana, peramban situs (client) yang anda gunakan meminta data ke server kemudian server akan mengirimkan data yang diminta dengan menggunakan protokol HTTP.

HTTPS sedikit berbeda dengan HTML. Penambahan huruf "S" pada akhir HTTP merupakan kepanjangan dari secure atau aman. Jadi HTTPS merupakan protokol Hyper-text yang lebih aman dari HTTP.  HTTPS pada dasarnya bekerja dengan transmisi interaksi yang hampir sama dengan HTTP. Namun, semua informasi yang dikirim dienkripsi terlebih dahulu sehingga lebih aman. Ada dua jenis lapisan enkripsi ada HTTPS, Transport Layer Security (TLS) dan Secure Socket Layer (SSL). 

Sebagai contoh, anda akan mengirimkan data dengan kata "makan".  Saat permintaan dikirimkan menggunakan HTTP, data "makan" dikirim tanpa dilakukan enkripsi kata.  Jika terjadi pencurian informasi diantara proses transfer client dengan server maka data tersebut akan mudah dibaca sebagai data "makan".  Sedangkan saat menggunakan HTTPS, data "makan" akan dikirimkan melalui proses enkripsi.  Sebagai contoh hasil enkripsi dari data "makan" adalah "qwerty".  Jika terjadi pencurian informasi diantara proses transfer client dengan server maka data tersebut akan dibaca sebaga "qwerty" bukan "makan".