Circle Labs Blog

Manfaat Menggunakan ERP Bagi Usaha Anda

ERP

Apabila di perusahaan Anda terdapat berbagai divisi berbeda-beda seperti keuangan, gudang, penjualan, sumber daya manusia, dan lainnya maka memiliki sistem Enterprise Resource Planning (ERP) akan sangat membantu pengelolaan bisnis Anda. Banyak perusahaan yang telah menggunakan ERP untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan bisnis mereka.

Ada beberapa keuntungan apabila perusahaan Anda menggunakan ERP, diantaranya:

  1. Menyelaraskan Proses Bisnis Perusahaan.

Basis data tunggal yang digunakan pada sistem ERP akan membuat setiap divisi menggunakan sumber data atau informasi yang sama. Sistem ERP menggunakan basis data yang secara tipikal menyimpan setiap data satu kali saja tanpa perlu mengulang-ulang memasukkan data. Basis data ERP dapat digunakan oleh seluruh sub sistem, artinya data yang digunakan di berbagai divisi adalah data yang sama.

Salah satu contohnya, data yang digunakan di bagian gudang akan sama dengan data yang digunakan di bagian pembelian atau bagian penjualan. Tanpa menggunakan ERP, menyelaraskan data di masing-masing divisi akan sulit dan kemungkinan terjadinya human error menjadi semakin besar. Terutama untuk perusahaan yang memiliki banyak divisi. Sumber data yang terpisah tentu akan menyulitkan untuk menjaga keselarasan data di perusahaan.

  1. Kemudahan dalam Memantau Aktifitas Bisnis tiap Divisi

Penggunaan sistem ERP juga memungkinkan pimpinan perusahaan memantau laporan masing-masing divisi. Hal ini dapat dilakukan karena sistem ERP pada umumnya memiliki level pengguna, dimana masing-masing pengguna memiliki hak akses yang berbeda pada sistem ERP. Administrator akan memiliki akses ke seluruh sub sistem, sedangkan pimpinan divisi akan memiliki akses ke sub sistem divisi masing-masing.

Informasi yang disajikan pada sistem ERP pun dapat diakses kapan saja. Informasi yang tersedia real time ini akan membantu pimpinan perusahaan dalam pengambilan keputusan.

  1. Meningkatkan Akurasi Perhitungan Bisnis

ERP akan membantu Anda mengetahui secara pasti jumlah pemasukan dan pengeluaran dari perusahaan, serta meminimalisir terjadinya kesalahan data.  Perhitungan dengan menggunakan sistem akan menurukan tingkat human error.

Data yang dimasukkan hanya satu kali ke basis data juga akan meningkatkan akurasi data. Contohnya, divisi gudang membutuhkan stok barang tertentu, lalu membuat permintaan melalui sistem ERP  kepada divisi pembelian. Divisi pembelian akan menggunakan data yang didapatkan dari divisi gudang untuk memproses pembelian. Sehingga jumlah yang dibutuhkan akan tepat.

  1. Menyajikan Informasi dengan Lebih Cepat

Sistem ERP akan menyalurkan informasi-informasi tepat yang dibutuhkan langsung kepada karyawan. Sehingga karyawan tidak perlu lagi membuang-buang waktu untuk mencari-cari informasi sendiri. Mereka dapat fokus pada tugas utama sehingga kualitas dan produktifitas kerja akan meningkat. Penggunaan sistem ERP juga akan membantu dalam pembuatan laporan pertanggungjawaban perusahaan.

***

Menginvestasikan dana untuk membuat sistem ERP tidak menjamin pertumbuhan usaha Anda secara signifikan. Sistem ERP akan memberikan keuntungan yang maksimal bagi usaha Anda apabila sistem ERP yang dibuat tepat guna dan sesuai dengan alur bisnis usaha Anda. Membuat sistem sekelas ERP berarti Anda harus benar-benar memahami proses bisnis yang terjadi di perusahaan Anda dan menemukan pengembang (software developer) yang handal agar sistem yang dibuat sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Satu hal yang sering terjadi kesalahpahaman adalah penggunaan ERP yang hanya terbatas pada perusahaan manufaktur atau perusahaan yang besar. Penggunaan sistem ERP tetap bisa digunakan pada jenis usaha menengah bahkan usaha kecil. Asalkan disesuaikan dengan kebutuhan usaha dan biasanya ERP pada usaha kecil atau menengah akan lebih sederhana dan tidak terlalu mahal jika dibandingkan sistem ERP untuk perusahaan besar.

Apakah Anda ingin tahu sejauh mana manfaat ERP bagi perusahaan Anda? Hubungi kami sekarang juga di support@circlelabs.id. Kami telah berpengalaman mengembangkan berbagai sistem ERP untuk perusahaan.